Iklan Paksa ( Intrusive advertising ) Telkomsel & XL

Iklan Paksa ( Intrusive advertising ) Telkomsel & XL

ilmugratisindonesia.com - Kini pengguna Telkomsel dan Xl akan dihadang sebuah iklan ketika mem-browsing, sebelum mencapai website yang dituju iklan paksa ini akan menghadang anda. 


Penayangan iklan ini dilakukan tanpa izin dan kerjasama pemilik situs. padahal, pengguna mempersepsikan pemilik situs atau media online sebagai pihak yang menayangkan dan bertanggung jawab atas semua iklan yang tayang di situs tersebut. Akibatnya, banyak keluhan dari pengguna ditujukan kepada pemilik situs karena pandangan tersebut.  Isi iklan juga dapat menimbulkan iklim persaingan yang tidak baik di mana iklan dari sebuah perusahaan dapat ditayangkan di situs milik kompetitor langsungnya. 

Praktik iklan ini mengganggu kenyamanan dalam mengakses informasi. Selama ini belum ada komunikasi dan prosedur yang transparan dalam memberikan opsi bagi pengguna untuk menolak atau menerima penayangan iklan tersebut. Selain itu, beberapa kali didapati isi  iklan yang kurang pantas dan tidak sesuai dengan nilai-nilai masyarakat.

Pada 10 September yang lalu, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan Asosiasi Digital Indonesia (IDA) membuat suatu petisi di Change.org mengenai penolakan mereka terhadap praktek intrusive ads tersebut. Mereka bersama dengan 39 anggota situs anggota idEA dan 21 situs anggota IDA menolak penayangan iklan yang terkesan memaksa dari provider Telkomsel dan XL Axiata.
Mereka menyayangkan Telkomsel dan XL karena dengan sepihak menayangkan beberapa intrusive ads dengan tema yang tidak sesuai dengan adat dan norma-norma masyarakat. Akibat tampilnya iklan-iklan seronok dan menjebak tersebut, pihak-pihak seperti pengguna dan pemilik website terkena getahnya karena pemilik website bisa saja dijauhi oleh pengguna karena intrusive ads yang tidak sesuai dengan konten web tersebut. Selain itu, melalui testimoni dari pengguna, sudah banyak yang menyatakan keluhan karena iklan-iklan tersebut turut menjebak mereka untuk mensubscribe ke layanan premium yang dapat menyedot pulsa secara otomatis.
Selain itu, menurut praktisi IT Onno W. Purbo, tindakan provider yang mengalihkan pengguna dari web yang ingin mereka kunjungi ke halaman iklan terlebih dahulu merupakan suatu bentuk penyadapan lalu lintas internet dan melakukan persaingan yang tidak sehat.

0 Comment "Iklan Paksa ( Intrusive advertising ) Telkomsel & XL"

Post a Comment